Pages

Berkenalan dengan Compound Interest


Mengapa saya menulis soal price vs. value dan create vs. consume?

Rumus untuk membangun kekayaan (wealth building) sebenarnya sederhana, yaitu you must produce more income than you spend and invest the difference. Sederhana, mudah dipahami, namun tak semua orang bisa melakukannya.

Nah, dari pembahasan soal price vs. value sebelumnya, saya berharap Anda bisa belajar untuk menurunkan belanja Anda (lower your spending). Sementara dari pembahasan soal create vs.consume, saya berharap Anda bisa meningkatkan income Anda (increase your income). Tujuannya apa? Supaya selisihnya bisa Anda investasikan.

Mengapa kita harus berinvestasi?

Because you want to enjoy the best years of your life. Because you don't want to need to worry about money anymore. Karena Anda sudah bosen hidup susah. Iya kan?

Nah, sekarang ijinkan saya untuk memperkenalkan kepada Anda kekuatan bunga-berbunga (the power of compounding interest).

Albert Einstein menyebut compound interest sebagai "the eight wonder of the world" atau keajaiban dunia yang ke-8. Compound interest memungkinkan kita mendapatkan hasil investasi yang cukup besar dengan modal awal yang relatif tidak besar. Kalau selama ini Anda bekerja untuk uang (you work for money), maka kini saatnya uang yang bekerja buat kita (money work for us).

Misalkan anda punya Rp 10 juta hari ini. Uang tersebut akan diinvestasikan dengan bunga 15% per tahun, dalam jangka waktu 10 tahun ke depan. Maka, bunga yang akan Anda peroleh seharusnya sebesar Rp 10 juta dikali 15% dikali 10 tahun atau sama dengan Rp 15 juta. Bila ditambahkan dengan modal pokok, maka total uang Anda akan menjadi Rp 25 juta.

Tapi nyatanya, hasil yang Anda peroleh akan lebih besar dari Rp 25 juta karena ada sistem bunga-berbunga (compounding interest).

Jadi, pada tahun pertama, investasi Anda akan bertumbuh menjadi Rp 11,5 juta. Tahun kedua, Anda akan mendapatkan 15% dari Rp 11,5 juta tersebut, atau sebesar Rp 1,725 juta. Pada akhir tahun kedua total uang Anda akan menjadi sebesar Rp 13,225 juta. Pada tahun ketiga, Anda akan mendapatkan 15% lagi dari uang tersebut. Begitu seterusnya hingga akhir tahun ke-10. Nah, pada akhir tahun ke-10 nanti, modal Anda akan bertumbuh menjadi tak kurang dari Rp 40 juta.

Di sini Anda bisa melihat ada perbedaan signifikan dengan bunga biasa dengan bunga-berbunga (compounding interest). Selisihnya cukup besar, yaitu Rp 40 juta dikurangi dengan Rp 25 juta, atau sebesar Rp 15 juta.
 
Ilustrasi di atas menunjukkan bahwa makin dini Anda berinvestasi, maka makin banyak waktu yang dimiliki sehingga compound interest bekerja lebih keras buat Anda. Makin tinggi uang yang diinvestasikan, maka makin besar pula hasil akhir yang akan Anda dapatkan kelak.

Jadi, mulai hari ini tetapkan dalam hati dan pikiran Anda: increase your income, lower your spending, invest the rest.
 
Start as soon as possible and let the money work for you.