Create versus Consume

Fakta yang terjadi di dunia ini adalah bahwa sebagian besar dari kita hanya bisa mengkonsumsi, tidak bisa memproduksi atau menghasilkan sesuatu. Most people don't create. Most people consume.

Mungkin terdengar sederhana, namun perbedaan ini akan terasa sangat signifikan sekali pengaruhnya.

Di dunia ini, produsenlah yang menghasilkan uang dan konsumenlah yang menghabiskan uang. Produsen adalah mereka yang diuntungkan. Konsumen adalah mereka yang cenderung dirugikan.

Jadi, kalau Anda sudah bosan hidup susah dan ingin merubah hidup Anda, maka mulailah melihat dari perspektif produsen.

Jadilah seorang produsen. Buatlah sesuatu yang punya value dan diminati orang banyak. Start becoming in demand. Start taking the drivers' seat.

Sebelumnya Anda membeli laptop dan Blackberry dengan kacamata konsumen. Anda menggunakannya hanya untuk bermain game, BBM dengan teman-teman, atau ngobrol yang tak terlalu penting.

Sekarang, mulailah melihat dari kacamata produsen.

Cobalah manfaatkan laptop Anda untuk menghasilkan sesuatu, menulis buku, membuat aplikasi pemrograman, atau menggambar desain yang bisa dijual, dan seterusnya. Cobalah manfaatkan Blackberry Anda untuk membangun kontak dengan prospek atau calon customer Anda. Apapun yang bisa dilakukan dari kacamata seorang produsen.

Kalau selama ini Anda cuma gemar membeli buku karya orang lain, mengapa tidak mulai mencoba menulis buku Anda sendiri?

Kalau selama ini Anda hanya mengikuti seminar orang lain, hey, kenapa tidak Anda buat seminar Anda sendiri? Toh, Anda juga punya keahlian dan knowledge yang bisa berguna buat orang lain, bukan?

Kalau selama ini Anda berpikiran untuk membeli franchise orang lain, mengapa tidak mencoba membuat sendiri bisnis Anda dan menjual lisensi franchise-nya kepada orang lain?

Percayalah, perubahan mindset ini akan sangat berpengaruh sekali.

Kebanyakan orang-orang bekerja keras untuk mencukupi kebutuhannya, dari slip gaji yang satu ke slip gaji yang lain, tak jarang berujung pada utang.

Mengapa?

Karena kita hanya berfokus pada membeli, membeli, dan membeli sesuatu. Kita tidak pernah berfokus pada menghasilkan atau menjual sesuatu.

So, from now on, start producing something! Start becoming in demand. Start taking the drivers' seat.